Wednesday, January 23, 2013

Lingkungan Hidup


Kehidupan manuasia tidak bisa dipisahkan dari lingkungannya, baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Seperti halnya kita bernapas memerlukan udara dari lingkungan sekitar. Kita makan, minum, menjaga kesehatan dan lain-lain juga selalu berhubungan dan memerlukan lingkungan.
Sawah dan kebun sebagai lingkungan biotik, Lingkungan Hidup
Pengertian lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar manusia yang mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia, baik langsung maupun tidak langsung. Lingkungan bisa dibedakan menjadi lingkungan biotik dan abiotik. Jika kita berada di lingkungan sekolah, lingkungan biotiknya berupa teman-teman sekolah, bapak ibu guru serta karyawan, berbagai tumbuhan yang ada di kebun sekolah serta hewan-hewan yang ada di sekitarnya.
Cahaya matahari salah satu unsur lingkungan abiotik, Lingkungan Hidup
Lingkungan abiotik sungai, air dan batu, Lingkungan Hidup
Adapun lingkungan abiotik berupa udara, hujan, angin, cahaya matahari, meja, kursi dan berbagai macam benda mati yang ada di sekitar kita.
Lingkungan Hidup dapat didefinisikan sebagai berikut :
  1. Daerah tempat sesuatu makhluk hidup berada.
  2. Keadaan atau kondisi yang melingkupi suatu makhluk hidup.
  3. Keseluruhan keadaan yang meliputi suatu makhluk hidup atau sekumpulan makhluk hidup, terutama ;
-  Kombinasi dari berbagai kondisi fisik luar makhluk hidup yang mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan dan kemampuan makhluk hidup untuk bertahan hidup.
-   Gabungan dari kondisi sosial dan budaya yang berpengaruh pada keadaan suatu perkumpulan/komunitas makhluk hidup.
Adapun berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 tahun 1997, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda dan kesatuan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. 
Lingkungan Hidup
Intinya lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup segenap makhluk hidup di bumi dimana kita tinggal. Marilah kita cintai dan jaga lingkungan dan alam ini demi kelangsungan hidup kita.


Referensi : Buku-buku Pendidikan Lingkungan Hidup
Foto oleh : Okka Supardan

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya :

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, jangan sungkan ...