Tuesday, August 21, 2012

Banyak Ayam Pedaging Mati saat Lebaran karena Suara Petasan

Ayam Pedaging Broiler ataupun jenis Pejantan adalah ayam ras yang mampu tumbuh cepat sehingga dapat menghasilkan daging dalam waktu relatif singkat (5-7 minggu). Broiler mempunyai peranan yang penting sebagai sumber protein hewani asal ternak.
Dengan cukup singkatnya pertumbuhan ayam-ayam tersebut mungkin kita bertanya-tanya, kok bisa ya ayam dengan waktu sesingkat itu bisa untuk menghasilkan daging atau siap dipotong. jawabannya singakt saja, ya tentu bisa la wong bibit, perawatan dan pemberian pakannya juga "ekstra". Itulah kelebihan dari Ayam Pedaging Broiler ataupun jenis Pejantan, namun ada beberapa kelemahan dari ayam-ayam tersebut dan salah satu diantaranya adalah Ayam Pedaging Broiler ataupun jenis Pejantan akan mati secara shock jika mereka mendengar suara yang terdengar mendadak seperti knalpot sepeda motor, klakson yang bersuara keras, petasan dan suara-suara keras lainnya. Oleh karena itu, banyak diantara para peternak Ayam Pedaging Broiler ataupun jenis Pejantan menyiasatinya dengan "menyetel" atau memperdengarkan musik bersama lagu-lagu yang berirama slow, tujuannya jelas adalah agar si ayam pedaging tidak jadi kagetan dan mati.

Nah berkaitan dengan yang kami uraikan diatas, pada saat lebaran ini tentu saja situasina kita sudah tahu, dimana desa-desa dipadati atau kedatangan para pemudik yang mudik ke kampung halamannya. Selain mereka(pemudik) membawa oleh-oleh yang berupa makanan atau pakaian mereka juga membawa petasan-petasan atau mercon yang bersuara keras, jadi bisa  dibayangkan bagaimana efeknya bagi ayam-ayam pedaging tersebut. Dari sumber-sumber yang kami dapatkan yaitu dari para peternak ayam pedaging, banyak diantara mereka mengeluh soal suara-suara petasan saat lebaran ini, "Tiap satu suara ledakan, 5 (lima) ayam kami mati kang!" tutur mang Icim salah satu peternak ayam pedaging Kampung Bitungsari Desa Tambaksari Kab. Ciamis kepada Cijolang Mania ketika dijumpai di kandang ayamnya soal suara petasan saat lebaran.

Jadi lebaran memang bisa banyak mendatangkan berkah atau rezeki bagi banyak orang khususnya orang desa yang kedatangan pemudik/keluarga sanak famili, tetapi disisi lain sebagian orang ada yang merasa dirugikan, khususnya oleh suara petasan lebaran. Karena suara petasan yang keras, ayam-ayam pedagingnya mati.

Gambar : experimenku.blogspot.com dan ternakonline.wordpress.com

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya :

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, jangan sungkan ...