Thursday, February 23, 2012

SUNGAI

Seperti diketahui sebelumnya Cijolang Mania adalah sebagai salah satu pemerhati lingkungan. Kami mencoba untuk berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan walaupun mungkin kontribusi kami sangatlah kecil, mungkin dengan semua keterbatasan pengetahuan, tapi seiring berjalannya waktu mudah-mudahan Cijolang Mania Blog bisa menjadi salah satu media yang lebih baik.
Pada kesempatan ini CijolangMania mencoba untuk memaparkan tentang pengertian seputar sungai, dimana ini sangat berkaitan erat dengan blog kami yang notabennya adalah nama sebuah sungai yaitu Sungai Cijolang.
Sungai merupakan aliran air tawar di permukaan bumi dengan alur yang berbentuk alami yang berawal dari sumber air hulu dan berakhir di muara yaitu danau atau laut. Sungai juga terbentuk secara alami dan sudah ada sejak jutaan bahkan sebelum manusia ada.
Bentuk dari muka bumi yang tidak sama mengakibatkan banyak aliran yang berasal dari air yang mengalir, dan sungai merupakan aliran air dipermukaan bumi dengan alur yang terbentuk secara alami.
Di bumi kita banyak sekali sungai mulai dari sungai-sungai kecil hingga sungai-sungai besar. Hasil penelitian ilmuwan sampai saat ini, sungai terpanjang di dunia adalah Sungai Nill di Mesir dan sungai terbesar di dunia adalah Sungai Amazone di Brazil.
Di Indonesia tepatnya di negara yang kita tinggali saat ini banyak sekali sungai, mengingat Indonesia adalah negara kepulauan yang sebagian besar alamya adalah perairan yaitu laut, danau dan sungai. Ada beberapa sungai besar di Indonesia diantaranya, Sungai Kapuas, Sungai Mahakam bengawan Solo dan masih banyak sungai lainnya.
Jenis dan fungsi dari sungai itu pun sangai beragam, pada intinya sungai merupakan sumber daya alam yang perlu dilestarikan dan dijaga, karena sungai adalah aset berharga bagi kehidupan di bumi diman kita tinggal.

Kontributor ; Fitria & Teti

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya :

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, jangan sungkan ...