Wednesday, February 1, 2012

BALAR (IKAN LALAWAK)

Balar adalah salah satu jenis ikan yang hidup di Sungai Cijolang, yang aliran sungainya berarus deras dan landai. Di beberapa tempat masyarakat menyebutnya dengan nama Lalawak. Ada juga yang menyebut dengan istilah Ceceperan. Jenis ikan ini mirip dengan ikan Tawes yang biasa dibudidayakan di kolam. Tapi yang menjadi pembedanya yaitu dari warna ujung siripnya. Tawes berwarna hitam sedangkan Balar berwarna kemerah-merahan atau ada juga yang berwarna kekuning-kuningan. Ukuran berat maksimal dewasa bisa mencapai 1 kg, panjang 25 cm. 
Karakteristik dari Balar juga sama dengan ikan-ikan arus deras lainya, yaitu agresif dalam pergerakannya itu dikarenakan kondisi arus sungai yang deras. Tetapi ada satu ciri khas dari Balar dan perlu diketahui oleh para mancingers, agresivitas balar akan sangat terasa ketika nyangkut (nyorang) di kail. Dia (Balar) akan membawa lari pancing kita, apalagi jika Balar ukuran dewasa, sungguh sangat mengasyikan  untuk strike Balar. Seperti diketahui pula oleh para mancingers, umpan pancing untuk Balar pun sangatlah mudah, kita bisa menggunakan umpan yang biasa digunakan untuk memancing ikan Tawes di kolam yaitu bungkil. Udang dan cacing pun Balar sangat suka apalagi jika dalam kondisi air keruh sehabis hujan.
Walaupun Balar bersifat agresif, tetapi daya tahannya sebagai ikan sungai sangatlah lemah jika dibandingkan dengan ikan-ikan sungai lainnya, itu dikarenakan balar adalah salah satu dari keluarga ikan Tawes (Barbodes sp).

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya :

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, jangan sungkan ...